Inventarisasi Artefak Gentala Arasy

DATA BASE SEJARAH DAN PURBAKALA PROVINSI JAMBI (ARTEFAK) GENTALA ARASY

Artefak adalah Benda-Benda Peninggalan Sejarah yang pada dasarnya merupakan hasil karya atau hasil modifikasi tangan manusia dan dalam posisi dapat dipindahkan.

No
Foto Koleksi

No.
Inventaris

Nama
Uraian Singkat
Penempatan
Ket
1. KMS.07.037 KITAB ILMU BAYAN
Ditulis oleh H. Muhammad Hasyim bin Abdurrahman dalam bahasa dan aksara Arab, pada awal abad ke 19 M. Kertas Daluang, tinta Cina warna hitam, tidak bersampul, berisikan tentang penjelasan kosa kata Arab
Etalase E.05
2. KMS.07.38 AL QUR’AN TULIS TANGAN
Ditulis oleh Said ‘Alawi bin Ali pada tahun 1246 H. Kertas Eropa, tinta Cina merah dan hitam, terdiri dari 6 surat, 34 halaman
Etalase E.05
3. KMS.07.045 KITAB TAUHID
Ditulis tangan tahun 1212 H, kertas Daluang, tinta Cina merah dan hitam, sebagian halaman terdapat penjelasan (Syarah), tidak memiliki sampul. Berisikan tentang ilmu Tauhid (mengesakan Allah).


Etalase E.05
4. KMS.07.030 KITAB TAJWID
Ditulis oleh Al-Faqir Abdullah dalam bahasa dan aksara Arab pada abad ke 19 M. Kertas Eropa, tinta Cina warna hitam dan merah, tidak bersampul. Berisikan tentang tata cara membaca Al-qur’an.


Etalase E.06
5. KMS.07.027 KITAB FIKIH
Ditulis dalam bahasa Melayu dan aksara Jawi, oleh Najib Wahid pada awal abad ke 19 M. Kertas Eropa, tinta Cina warna hitam dan merah, sampul kulit binatang warna coklat tua, berisikan tentang ilmu pengetahuan hukum Islam (Fiqih)
Etalase E.06
6. KMS.07.040 AL-QUR’AN TULIS TANGAN
Ditulis oleh KH. Somad  (Ulu Gedong, Kec Danau Teluk, Kota Jambi) pada awal abad 19 M. Kertas Eropa, tinta Cina merah dan hitam, tidak memiliki sampul.
Etalase E.07
7. TITIPAN.01 AL-QUR’AN TULIS TANGAN
Dari Mekkah pada sekitar 1121 H atau pada abad 16 m, karangan H. Abdurrahim seorang Alim Ulama dari Desa Lubuk Resam Kecamatan Cermin Nan Gedang Kabupaten Sarolangun dengan tinta Cina, kertas Eropa, berbahasa Arab, berisi 302 hal, dititipkan sementara oleh anaknya Jauhari ke Museum Gentala Arasy.
Etalase E.07
8. TITIPAN KITAB TAFSIR AL QUR’AN
Berbahasa Arab  pada  sekitar abad 16 m, dengan tinta Cina, diatas kertas Eropa, karangan H. Tengku Zainuddin, berisi 302 hal milik Khiay H. Zainal Abidin mantan Ketua MUI Kabupaten Sarolagun, Guru Pesantren Desa Tanjung Kecamatan Bathin VIII.


Etalase E.07
9. TITIPAN.03 KITAB TAJWID
Bahasa Arab dengan tinta Cina, diatas kertas Eropa pada abad 18 m, karangan  H. Dahim Datuk Surau seorang Alim Ulama dari Desa Lubuk Resam Kecamatan Cermin Nan Gedang Kabupaten Sarolangun, berisi 302 hal  yang dititipkan oleh anaknya Kistalani ke Museum Gentala Arasy.


Etalase E.08
10. TITIPAN.02 DOA-DOA
Ditulis tangan dengan tinta Cina, diatas kertas daluang, hurup Arab dan berbahasa Arab Melayu pada sekitar abad 18 m, oleh H. Dahim Datuk Surau seorang Alim Ulama dari Desa Lubuk Resam Kecamatan Cermin Nan Gedang Kabupaten Sarolangun, berisi 302 hal yang dititipkan oleh anaknya Kistalani ke Museum Gentala Arasy.
Etalase E.08
11. TITIPAN.04 SIFAT DUA PULUH

Huruf Arab dan berbahasa Arab Melayu pada sekitar abad 18 m, dengan tinta Cina, kertas daluang, karangan H. Dahim Datuk Surau seorang Alim Ulama dari Desa Lubuk Resam Kecamatan Cermin Nan Gedang Kabupaten Sarolangun, berisi 302 hal yang dititipkan oleh anaknya Kistalani ke Museum Gentala Arasy.

Etalase E.08
12. KMS.07.011 KITAB MANHAJ

Ditulis oleh Imam Abi Qosim Ar-rofi’i abad 19 M, Kertas Eropa, beraksara dan bahasa Arab, menggunakan tinta cina merah dan hitam. Pada pinggiran naskah terdapat catatan – catatan, bersampul kulit hewan berwarna coklat. Berisikan  tentang ilmu hukum Islam (Fiqih)

Etalase E.09
13. KMS 07.046 KITAB NAHU

Ditulis tangan pada abad 19 M. Kertas Daluang, tinta Cina merah dan hitam, beraksara dan bahasa Arab, setiap halaman terdapat catatan (penjelesan), tidak bersampul. Berisikan tentang tata bahasa Arab (Nahu)

Etalase E.09
14. KMS.07.083 KITAB FIQIH
Ditulis tangan pada abad 19 M. Kertas Eropa, tinta Cina merah dan hitam, beraksara dan bahasa Arab,  sampul kulit binatang berwarna coklat. Berisikan tentang  hukum – hukum dan tata cara bersuci dalam hukum Islam. Pada sebagian halaman dan juga terdapat catatan –catatan di pinggir, memiliki sampul yang terbuat dari kulit binatang berwarna coklat motif tambang dan flora.
Etalase E.10
15. KMS.07.042 KITAB MUJARABAT
Ditulis tangan pada abad 19 M. Kertas Eropa, tinta Cina merah dan hitam, beraksara
Jawi dan bahasa Melayu,  sampul kulit binatang berwarna coklat. Berisikan tentang  tata cara pengobatan
Etalase E.10
16. KMS.07.58 KITAB  SHARAF
Ditulis tangan pada abad 19 M. Kertas Daluang, tinta Cina berwarna merah dan warna hitam. Beraksara dan bahasa Arab, dan sebagian halaman terdapat catatan – catatan di pinggir, tidak bersampul.Berisikan tentang tata bahasa Arab
Etalase E.13
17. KMS.07.55 KITAB FIQIH

Ditulis tangan pada abad 19 M. Kertas Eropa, tinta Cina merah dan hitam, beraksara dan bahasa Arab, setiap halaman terdapat penjelesan penting (Syarah), bersampul kulit binatang. Berisikan tentang hukum-hukum Islam

Etalase E.13
18. KMS.07.47 KITAB BALAGHAH
Ditulis tangan pada awal abad 19 M. Kertas Eropa, tinta Cina merah dan hitam, beraksara dan bahasa Arab, sampul warna coklat. Berisikan tentang pelajaran kaidah bahasa Arab.
Etalase E.14
19. KMS.07.50 KITAB BIBA

Ditulis tangan pada 1330 H. Kertas Eropa, tinta Cina merah dan hitam, beraksara dan bahasa Arab dan Jawi, tidak memiliki sampul. Berisikan tentang ilmu pengobatan.

Etalase E.14
20. KMS.07.49 KITAB MANHAJ AT-THALIBIN
Ditulis tangan pada abad 19 M. Kertas Eropa, tinta Cina merah dan hitam, beraksara
Jawi dan bahasa Melayu,  sampul kulit binatang berwarna coklat. Berisikan tentang petunjuk dan nasehat bagi para santri.
Etalase E.15

DATA BASE SEJARAH DAN PURBAKALA PROVINSI JAMBI (ARTEFAK) GENTALA ARASY

Comments

comments