MASUK PERINGKAT 5 BESAR TERBAIK, KEMENPAR MENETAPKAN PENTAGEN DALAM KATEGORI INI
Berita MASUK PERINGKAT 5 BESAR TERBAIK, KEMENPAR MENETAPKAN PENTAGEN DALAM KATEGORI INI

Diposting Oleh admin | Terakhir diperbarui Sabtu, 25 Maret 2023

Desa wisata Pentagen sebelumnya masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2022. Pada saat malam puncak Anugerah Desa Wisata yang diselenggarakan pada tanggal 30 Oktober. dalam 50 Kontenstan, Pentagen mendapat Juara Harapan I Kategori Homestay terbaik. Acara ini turut hadir Bapak Kepala Dinas Kebudayaan & Pariwisata Provinsi Jambi Drs. M. Arif Budiman, MH & Bapak Kepala Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kabupaten Kerinci Juanda Sasmita.


Desa wisata Pentagen adalah desa wisata yang dikelola oleh BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) Pentagen yang terletak di desa Pendung Talang Genting, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. BUMDes ini berdiri pada 01 Januari 2017 dan mulai melakukan usahanya dengan menyulap sebuah rawa yang sudah lama tidak berfungsi sehingga menjadi sebuah lahan yang produktif. Rawa yang terbentang sekitar ± 1.8 Ha kemudian diubah menjadi embung desa. Pembangunan embung desa ini menggunakan Dana Desa tahun 2017. Ide awal pembangunan embung desa ini adalah untuk dua hal utama, yang pertama untuk menyimpan air bagi para petani padi yang memiliki luas ± 80 H. Yang kedua, pembangunan embung desa ini, selain untuk menjadi penyimpan stok air bagi para petani, embung desa ini juga bisa untuk budidaya ikan yang kemudian menjadi unit usaha dari BUMDes. Namun dalam perjalanannya, pembangunan embung desa tersebut perlahan mencuri perhatian bagi masyarakat Kabupaten Kerinci, dan masyarakat pun mulai berdatangan untuk melihat keindahan embung desa ini. Informasi dari mulut ke mulut dan unggahan di media sosial membuat tempat ini menjadi semakin dikenal dan tempat ini mulai dijadikan sebagai tujuan berlibur pada akhir pekan.


1. Daya tarik Desa Wisata Pentagen

Daya tarik utama dari Desa Wisata Pentagen adalah sebuah taman air buatan yang berasal dari embung desa, Taman Pertiwi. Beragam aktivitas dan wahana di Desa Wisata Pentagen berpusat di Taman Pertiwi. Mulai dari sepeda air, bermain sepeda gantung, flying fox, hingga memberi makan ikan.


2. Potensi seni budaya dan produk ekonomi kreatif

Selain taman wisata air, Desa Wisata Pentagen juga memiliki ragam potensi pariwisata dan ekonomi kreatif. Di antaranya adalah kesenian berupa ragam tarian. Salah satunya, Tari Rangguk, tarian tradisional dari Kabupaten Kerinci.


Selain ragam seni, Desa Wisata Pentagen juga memiliki ragam budaya. Beberapa di antaranya adalah Menjalan Pemimpin, tradisi yang dimaksudkan untuk halal bihalal antara rakyat dengan pemimpinnya dengan cara diarak keliling kampung. Tujuannya ingin menunjukkan keadaan desa dan warganya pada para pemimpin. Lalu, ada juga Kenduri Seko. Upacara ini dilaksanakan tiga tahun sekali untuk melantik Depati Ninik Mamak. Dalam upacara Kenduri Seko dilakukan serah terima jabatan dari pemangku adat lama pada pemangku adat yang baru. Caranya dengan menyerahkan alat pusaka di desa berupa Alquran yang ditulis tangan oleh nenek moyang yang pertama kali tinggal di Desa Pentagen. Desa Wisata Pentagen juga memiliki produk ekonomi kreatif mulai dari kuliner, fesyen, dan kriya. Kulinernya seperti Gulai Dayek, Sambal Lokan, Keripik Ubi Ungu, Rebung Tumbuk, serta kopi khas Kerinci.

© 2024 - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi