PELEPASAN ROMBONGAN PROSESI/ATRAKSI PENGAMBILAN AIR SUCI WAISAK 2563 BE / TAHUN 2019 DISBUDPAR PROV. JAMBI

Explorejambi.com – Dalam rangka perayaan Waisak Tahun 2019 pada tanggal 19 Mei 2019 nanti, perayaan Waisak kali ketiga yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Umat Buddha (PUBJ) bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi sejak tahun 2017 yang lalu telah membuat sebuah konsep berbeda dari perayaan-perayaan waisak sebelumnya. Konsep yang dijalankan adalah prosesi atau ritual dan dikemas menjadi atraksi wisata di destinasi-destinasi wisata Provinsi Jambi.


Untuk konsep ritual keagamaan dilakukan sepenuhnya oleh umat Buddha Jambi, sedangkan ritual /atraksi pengambilan air suci dilakukan bersama antara Perkumpulan Umat Buddha Jambi didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi.

Perayaan Waisak tahun 2019 ini, telah dimulai dengan atraksi prosesi pengambilan air suci yang akan dilakukan di Danau Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci, peserta/rombongan terdiri dari Bikkhu, Perkumpulan Umat Buddha Jambi, para pemuda/mahasiswa Buddha Jambi dan Tim Photography Disbudpar Provinsi Jambi sebanyak lebih kurang 25 orang.

Rombongan dilepas oleh Kadisbudpar Provinsi Jambi diwakili Ka. Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Sundari ,SE bertempat di halaman Vihara Sakhyakirti Jambi. Dalam kesempatan tersebut, Kadisbudpar Provinsi Jambi berharap dapat secara bersama-sama menjaga kekompakan dan penyajian kegiatan yang baik sehingga atraksi ini dapat menarik minat para calon wisatawan untuk berkunjung ke Provinsi Jambi, kegiatan ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari termasuk perjalan pulang pergi dari Kota Jambi ke Kabupaten Kerinci.

Dalam kesempatan lain konseptor/penggagas ide prosesi pengambilan air suci dan api abadi, Sdr. Amril, SIP (riel gontai) yang juga bekerja di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi menambahkan bahwa ide kegiatan ini muncul tiga tahun lalu berawal dari adanya prosesi/atraksi serupa yang dilakukan saat perayaan Waisak di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Prosesi/atraksi ini diharapkan diharapkan dapat menjadi salah satu upaya promosi menarik minat para calon wisatawan baik nusantara maupun mancanegara, pengambilan air suci waisak dilakukan didaerah barat Provinsi Jambi yang merupakan dataran tinggi dengan banyak sekali potensi destinasi wisata unggulan yang tentunya terdapat sumber mata air yang bersih dan tidak tercemar seperti Danau Gunung Tujuh yang merupakan danau air tawar tertinggi di Asia Tenggara.

Sedangkan prosesi pengambilan api abadi dilakukan di kawasan timur Provinsi Jambi yang merupakan daerah dataran rendah/pesisir, kedua unsur air suci dan api abadi akan dibawa ke Candi Muarajambi sebagai bagian atraksi/prosesi pada perayaan Waisak yang tentunya hal ini merupakan bagian dari upaya promosi Candi Muarajambi sebagai destinasi pariwisata unggulan di Provinsi Jambi.

Comments

comments

Author: Explorejambi

Website tentang info pariwisata Jambi. disini anda akan banyak mendapatkan pengetahuan destinasi wisata jambi, berita dan Event seputar wisata Jambi.

Share This Post On