PERAYAAN WAISAK BERSAMA SE-SUAMTERA 2562 BE/2018 DI JAMBI Tanggal 29 Mei 2018

Kompleks Percandian Muarajambi yang merupakan situs percandian terluas di Asia Tenggara dengan luas lebih kurang 3981 ha dan telah ditetapkan sebagai kawasan wisata sejarah terpadu pada tanggal 12 Oktober 2012 oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Soesilo Bambang Yudhoyono.

        Sebagai salah satu objek/destinasi sejarah dan kepurbakalaan Candi Muarajambi merupakan destinasi potensial dalam meningkatkan kunjungan wisata baik nusantara maupun mancanegara, beberapa tahun terakhir ada peningkatan setiap tahunnya sekitar 10% pertahun.

        Sebagai upaya untuk lebih memperkenalkan dan mendorong promosi daerah, selain Festival Candi Maurajambi yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah Kabupaten Muaro Jambi yang disupport oleh Pemerintah Provinsi Jambi dan Kementerian Pariwisata RI di kawasan percandian Muarajambi juga dilaksanakan perayaan waisak bersama. Untuk tahun 2018 ini merupakan kali yang kedua setelah tahun 2017, perayaan waisak dihadiri lebih kurang 6.000 (enam ribu massa) dari dalam dan luar negeri.

        Untuk tahun 2018 kali ini perayaan waisak bersama akan diselenggarakan se-Sumatera dengan mengundang para Bikhu dari Thailand, Vietnam, Bhutan, Nepal dan para Bikhu se-Sumatera. Penyelenggaraannya dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2018 di komplek percandian Muarajambi.

     Melalui perayaan waisak di Candi Muarajambi ini diharapkan juga terjadi peningkatan ekonomi masyarakat sekitar candi, peningkatan ocupancy hotel, restoran, hiburan dan lainnya. Perayaan waisak bersama se-Sumatera tahun 2018 diselenggarakan oleh persatuan umat Budha Jambi dan disupport oleh Pemerintah Provinsi Jambi dan Dinas Pariwisata Provinsi Jambi.

          Sebagai ajang promosi daerah khususnya Candi Muarajambi perayaan waisak bersama ini diharapkan menjadi ajang promosi daerah, tema yang diambil pada perayaan waisak 2562 BE / 2018 kali ini adalah : “Harmony dalam kebhinekaan untuk memperkokoh keutuhan bangsa”.

         Sebagai daerah yang spesifik, yang terdiri dari gunung, rimba dan laut di Provinsi Jambi terdapat Gunung Kerinci (3805 mdpl) yang merupakan gunung berapi aktif tertinggi wilayah bagian barat, memiliki 4 (empat) kawasan Taman Nasional dan daerah pesisir/laut dibagian timur Provinsi Jambi. Sebagai salah satu strategi mempromosikan potensi pariwsiata Jambi, berbagai atraksi dan prosesi dalam rangkaian waisak ini juga akan dilaksanakan antara lain prosesi pengambilan air suci di Danau Gunung Tujuh Kerinci (mewakili wilayah barat) Danau Gunung Tujuh merupakan Danau air tawar tertinggi di Asia Tenggara dan pengambilan api abadi di kawasan sungai gelam (mewakili wilayah timur) Provinsi Jambi, prosesi kegiatan ini akan dilaksanakan oleh para bikhu dari dalam dan luar negeri, pemuda/masyarakat budha, kelompok/komunitas pariwisata Provinsi Jambi antara lain jelajah kerinci dan potret kerinci bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Kerinci dan Dinas Pariwisata Kota Sungai Penuh.

STORY LINE :
PERAYAAN WAISAK BERSAMA SE-SUAMTERA 2562 BE/2018 DI JAMBI

        Perayaan waisak 2562 BE/2018 untuk rangkaian kegiatannya akan dimulai pada tanggal 11 – 14 Mei 2018 dimulai dengan prosesi/atraksi pengambilan air suci di Danau Gunung Tujuh.

PENGAMBILAN AIR SUCI (KAB. KERINCI DAN KOTA SUGAI PENUH)
Hari/tanggal    : Jum’at, 11 Mei 2018

  • Peserta pengambilan air suci terdiri dari para bikhu dari Jambi, Lampung dan Thailand, pemuda/masyarakat Budha Jambi, komunitas didampingi Dinas Pariwisata Provinsi Jambi bertolak ke Kabupaten Kerinci dan Vihara Satya Kirti Kota Jambi.

Hari/tanggal    : Sabtu, 12 Mei 2018

  • Atraksi/prosesi pengambilan air suci di Danau Gunung Tujuh dengan melakukan pendakian ke atas gunung tujuh (± 6 jam).
  • Atraksi pengambilan air suci dilakukan ditengah Danau Gunung Tujuh oleh para Bikhu.

Hari/tanggal    : Minggu, 13 Mei 2018

  • Rombongan dan peserta pengambilan air suci melakukan kunjungan wisata ke :
  1. Air terjun telun berasap
  2. Aroma pecco
  3. Rawa bento
  4. Air panas semurup
  5. Bukit khayangan
  6. Danau Kerinci
  • Pada saat di Bukit Khayangan para bikhu akan melakukan penanaman pohon cemara dan pohon body.
  • Bukit khayangan merupakan dataran tinggi terpopuler pada ajang Anugerah Pesona Indonesia 2017.
  • Kembali ke Kota Jambi.
    PENGAMBILAN API ABADI (KAB. MUARO JAMBI)
    Hari/tanggal    : Selasa, 15 Mei 2018
  • Peserta pengambilan Api Abadi beserta rombongan dari Vihara Satya Kirti Kota Jambi menuju desa Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi.
  • Atraksi/Prosesi pengambilan abadi dilakukan oleh para Bikhu didampingi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Muaro Jambi dan Dinas Pariwisata Provinsi Jambi.PERAYAAN PUNCAK WAISAK BERSAMA SESUMATERA
    (2562 BE/2018 di Kompleks Percandian Muarajambi Kab. Muaro Jambi)

Hari/tanggal    : Selasa, 29 Mei 2018

  • Pukul 14:00 Wib : Seluruh peserta waisak telah berada di lokasi perayaan Candi Gumpung.
  • Pukul 15:00 – 17:30 Wib : Ritual Puja Bhakti.
  • Pukul 19:30 – 20:30 Wib : Ritual Puja Bhakti (lanjutan).
  • Pukul 20:30 – 21:00 Wib : Persiapan perayaan detik-detik waisak purnama sidi.
  • Pukul 21:19:13 Wib : Perayaan detik-detik waisak purnama sidi. Dilanjutkan dengan pelepasan ribuan lampion dan video mapping pada Candi Gumpung.
  • Pukul 22:00 Wib : Selesai.

      Diharapkan perayaan waisak ini dapat menjadi ajang promosi daerah khususnya dibidang pariwisata sehingga dapat meningkatkan arus kunjungan wisata baik Wisatawan Nusantara maupun Wisatawan Mancanegara, tercapainya peningkatan/pertumbuhan ekonomi khususnya masyarakat sekitar candi serta mendorong tumbuhnya kesadaran wisata serta sapta pesona di Provinsi Jambi (riel gontai).

Comments

comments

Author: Explorejambi

Website tentang info pariwisata Jambi. disini anda akan banyak mendapatkan pengetahuan destinasi wisata jambi, berita dan Event seputar wisata Jambi.

Share This Post On